Trip To Washington DC (Bagian1)

Alhamdulillah kemarin kita berkesempatan mengunjungi Ibu Kota Amerika yaitu Washington DC. Persiapan trip ke DC ini udah lama kita persiapkan dan akhirnya bisa terealisasi. Tulisan trip ke DC ini bakalan panjang jadi akan saya tulis dalam beberapa bagian. Untuk trip DC bagian 1 ini saya akan menceritakan bagaimana persiapan kami trip dengan toddler berusia 2th dan hari pertama kami tiba di DC serta hotel tempat kami menginap. Kami berangkat dari Ohio menggunakan mobil dengan jarak tempuh 380 miles atau 611,5 km, kalau di Indonesia mungkin dari Yogyakarta ke Jakarta dengan waktu tempuh kurang lebih 6,5 jam. Berangkat hari minggu pagi dan pulang hari selasa sore. Jadi kami di DC selama 3 hari 2 malam. Hari pertama tiba di DC pukul 6 sore dan saat itu DC sedang hujan jadi kita langsung ke hotel dan mau istirahat juga untuk jalan-jalan keesokan harinya.

Persiapan

Jauh-jauh hari pak suami udah booking mobil dan hotel. Kita nggak begitu suka trip yang dadakan hehe semuanya harus terencana karena ada toddler yang ikut jadi harus jelas mau kemana dan ngapain aja selama di DC. Itinerary juga pak suami yang bikin dan searching tapi tetep nanya ke saya dulu kalau saya oke maka akan masuk dalam daftar perjalanan. Tugas saya bagian konsumsi aja. Nyiapin perbekalan dan mau makan apa nanti selama di DC. Kita trip ala backpacker as a keluarga mahasiswa jadi saya udah masak rendang dan ayam serundeng buat perbekalan selama di DC. Kita makan di restoran hanya 1 kali sehari di DC yaitu pas makan siang. Kalau pagi dan malam kita makan di hotel. Sarapan pagi udah disediakan oleh hotel tapi jangan harap ada nasi goreng, bubur ayam dan teman-temannya, di hotel kita bisa sarapan ala amerika yaitu roti atau sereal ditambah buah-buahan. Untuk makan malam baru deh kita makan dari perbekalan yang kita bawa dari rumah.

Persiapan makanan

Untuk persiapan makanan selain rendang dan ayam serundeng kita juga bawa nasi dan telur rebus. Di hotel di sediakan kulkas dan microwave, jadi nasi, rendang, ayam serundeng dan telur rebus tadi ketika sampai di hotel kami masukkan ke dalam kulkas kalau mau makan tinggal dipanasin di microwave. Alhamdulillah nasi 3 hari nggak basi dimasukkin ke kulkas. Meskipun Daffa udah bisa makan seperti makanan orang dewasa tapi saya tetap bawa perbekalan lain untuk daffa karena takut kalau dia lagi nggak mau makan nasi jadi saya bawa waffle, roti tawar dan selai coklat, mac and cheese yang tinggal microwave juga susu kemasan, jus buah untuk anak-anak yang tinggal diminum sama buah-buahan kemasan. Bener aja saat traveling dia lebih doyan mac and cheese, cemilan sama buah-buahan kemasan dibanding nasi. Nggak lupa juga saya bawa indomie, kalau masih laper tengah malam tinggal bikin indomie dan dimakan sama telur rebus. Jadi kita bisa hemat banyak untuk urusan makanan karena udah bawa banyak perbekalan tadi.
perbekalan : nasi, rendang, ayam serundeng, dan telur rebus

Nah untuk mengurangi cuci mencuci peralatan makan di hotel saya bawa piring, sendok dan garpu sekali pakai jadi nggak ribet untuk cuci peralatan makan, tapi saya tetep bawa mangkok dan piring keramik masing-masing 1 buat manasin makanan di microwave. Bawaan jadi bakal banyak tapi karena kita nggak naik kendaraan umum jadi nggak masalah meskipun banyak bawaan. Hehe

Persiapan Pakaian

Sebelumnya saat akan berangkat saya ngecek weather forecast di DC untuk tanggal 15,16 dan 17 April. Tanggal 15 dan 16 emang bakal hujan tapi suhunya nggak begitu dingin dan untuk tanggal 17 cerah jadi saya cuma bawa jaket seadanya, nggak bawa jaket winter tapi daffa saya bawain 1 jaket tebel ternyata saat hari H dingin banget, suhunya lebih rendah dari weathers forcest waktu itu, bahkan yang tanggal 17 itu suhunya 6 C tapi real feelnya 3 C jadi dingin banget. Huhuhu pelajaran penting banget ini walaupun di weather forecastnya nggak bakal dingin atau hujan lebih baik antisipasi aja, nggak papa bawa barang banyak buat jaga-jaga daripada kedinginan atau kepanasan saat mau jalan-jalan.

Selain itu saya orangnya suka terorganisir jadi saat packing pakaian saya udah pisahin pakaian-pakaian untuk tiap hari. Jadi untuk hari senin pakai atasan dan bawahan apa juga jilbab dan kaos kaki yang mana begitu juga untuk daffa dan pak suami udah saya siapin untuk perharinya jadi pas mau jalan-jalan udah nggak pusing lagi mau pakai baju apa, plus untuk Daffa saya siapin juga 2 pakaian cadangan (atasan dan bawahan) karena toddler itu nggak bisa kita prediksi bakal ngapain dan bener aja pas diperjalanan daffa numpahin air jadi basah semua bajunya untung bawa pakaian cadangan jadi bisa langsung ganti. Pakaian cadangan ini usahakan selalu ada di diaper bag yang dibawa kemanapun bersama anak karena pengalaman saya itu sangat berguna sekali, bawa juga plastik kresek buat nyimpen baju yang kotor tadi.

Perlengakapan lain-lain

Untuk perlengkapan lain-lain jangan lupa obat-obatan. Apalagi yang punya alergi, usahakan obat alerginya selalu di bawa. Saya alergi serbuk bunga dan traveling di saat spring dimana bunga-bunga sedang bermekaran jadi saya selalu bawa obat alergi saya. Daffa juga alergi dingin jadi saya bawa lotion khusus untuk alerginya. Selain itu saya juga bawa obat penurun panas, bawa vitamin C, obat diare juga bawa minyak angin oles untuk jaga-jaga. Alhamdulillah kemarin saat traveling sehat dan yang diminum cuma obat alergi saya aja. Jangan lupa juga peralatan mandi, meskipun di hotel dikasih tapi saya tetep bawa sendiri karena rasanya nyaman aja pakai sabun atau shampo yang biasa kita pakai. Selain itu usahakan bawa payung atau rain coat saat traveling di saat spring ini karena kita nggak bakal tau akan hujan atau enggak. Kadang hujannya juga cuma sebentar satu atau 2 jam aja jadi mendingan dipersiapkan aja dan selalu di bawa.

Penginapan

Saat di DC kita nginep di hotel Days Inn Pentagon letaknya nggak di tengah Kota DC tapi jaraknya nggak terlalu jauh dari tempat-tempat yang bakal kita kunjungi. Days inn hotel ini termasuk hotel biasa nggak mewah tapi lumayanlah untuk kebersihan dan kenyamanannya walaupun microwave dan kulkasnya rada jadul tapi masih berfungsi dengan baik. Harga permalam untuk kamar yang kita sewa adalah $120 udah sama pajak yaa. Jadi nggak terlalu mahal dibanding hotel-hotel lain yang ada di tengah Kota DC. Kamarnya juga bersih dan parkirnya gampang.
hotel tempat kita menginap selama di DC

rapi dan bersih
kamar mandinya juga bersih

Selama perjalanan
Sebelum tragedy air tumpah :p

Kurang lebih 6 jam di mobil sama toddler alhamdulillah lancar meskipun ada insiden air tumpah jadi basah semua tapi alhamdulillah daffa nggak rewel, masih bisa dikondisikan juga dia nggak minta nonton jadi sepanjang jalan kita nyanyi-nyanyi aja sambil memperkenalkan daffa objek-objek yang baru dia liat seperti bukit, sungai, jembatan, matahari dan lain sebagainya. Daffa juga tidur di mobil selama beberapa jam jadi semuanya masih aman terkendali. Jujur awalnya saya juga deg-degan karena ini trip kedua daffa via darat sejak dia di Amerika sebelumnya kita udah pernah ke Kentucky tapi ini jaraknya lebih jauh dari Kentucky. Untuk bikin daffa tetap tenang selama di mobil saya udah siapkan cemilan yang dia suka dan jangan lupa bawa mainan favoritnya. Sampai di DC udah jam 6 sore dan kita belum sholat zuhur dan ashar (fyi zuhur di Amerika saat ini pukul 1:30 pm dan ashar pukul 5:17 pm) jadi kita putuskan untuk langsung ke hotel aja buat istirahat dan sholat. Besoknya baru kita jalan-jalan sesuai dengam ittinary yang udah kita buat.
sampai di DC di sambut hujan :)