Penelitian di PT Yamaha Music Product Indonesia (YMPI)

by - 5:53 PM

Asssalamualaikum :)
Selamat Pagiiih semuaaaa
Selamat hari Jum'at, Semoga apa yang kita lakukan berkah dan menyenangkan.
Okee bingung mau ngapain, mending nulis tentang pengalaman saya sewaktu penelitian skripsi di PT Yamaha Music Product Indonesia (YMPI) di Bangil Pasuruan.
Udah tau kan kalo Indonesia itu negara hebat, kita sebenarnya mampu kok untuk membuat produk bagus dan berkualitas tapi yaa mungkin kualitas orangnya yang belum sebagus di negara luar.
Beberapa bulan yang lalu tepatnya tanggal 12 Desember 2013 s/d 12 Januari 2014, saya berkesempatan untuk melakukan penelitian skripsi di PT YMPI. Alhamdulillah setelah penantian panjang selama satu bulan akhirnya saya dapat panggilan untuk penelitian disana. Inget banget waktu itu hari selasa tanggal 10 Desember 2013, saya mendapat telpon dari PT YMPI yang mengatakan bahwa proposal penelitian saya diterima dan penelitian bisa dilakukan hari kamis tanggal 12 Desember 2013. Jreeng jreeeng bingung deh. Pada saat itu saya masih ada perkuliahan dua mata kuliah lagi, sedangkan penelitiannya selama 1 bulan dan jarak Malang-Bangil itu kan jaaauh. Akhirnya saya tetep nekat buat penelitian, dan untuk perkuliahan saya titip absen ke temen-temen heeee :D jangan ditiru ya kecuali jika situasi dan konsidi darurat.haha
Berangkatlah saya hari rabu, sendirian, dikala Malang musim penghujan. Tau sendirikan Malang kalo musim hujan gimana, yaaa gitulah akhirnya sepanjang perjalanan mulai dari Malang sampai Bangil hujan dan saya pake motor sendirian dengan beberapa tas yang menemani. Alhamdulillah selamat sampai tujuan. Di bangil saya udah pesen kos, tempat kos kakak tingkat yang dulu juga pernah penelitian di PT YMPI sebelumnya.
Ibu kosnya baik banget, saya manggilnya umik. Umik umurnya udah lebih darti setengah abad tapi sholat qiyamul lailnya gak pernah ketinggalan. Umik juga rajin puasa senin kamis.Keren yak.

Baiklah kamisnya pagi-pagi sekitar jam 7 saya berangkat ke PT YMPI disana saya menemui mbak Fenti selaku bagian HRD yang ngurusi mahasiswa penelitian. Mbak Fenti kemudaian menjelaskan beberapa hal peraturan Perusahaan. Wow kalian taukan perusahaan Jepang disiplinnya seperti apa. Tapi perusahaan ini udah nerapin TPM (Total Produktivity Management) pokoknya keren deh. Ilmu teknik Industri di pake banget di sini. Setelah itu saya di kenalkan dengan pembimbing Lapangan saya mas Eko. Saya di letakkan di bagian produksi 1 Lini produksi Handatsuke Flute Body.  Lini produksi ini yang buat foot sama bodynya flute.


Nah perusahaan ini sangat menaati peraturan. Selama disini banyak banget pengalaman yang bisa saya dapat terutama tentang kedisiplinan. Produk yang dihasilkan di perusahaan ini adalah alat musik tiup seperti pianica, saxophone dan  flute. Produknya 99% diekspor ke luar negeri, cuma 1% aja yang dipasarkan di Indonesia.




 Itulah sedikit pengalaman saya selama penelitian di PT YMPI masih banyak lagi yang mau diceritakan. Besok disambung lagi yaaaaa :)


Selamat hari Jum'at . . .

You May Also Like

0 comments