Travelling Pertama Dengan Daffa

Sebenarnya malam ini udah ngebet pengen utak atik blog baru, tapi apalah daya laptop sedang bermasalah dengan wifi. Yaa sudah kita tulis d sini dulu dan inipun nulisnya lewat hp.

Alhamdulillah seminggu yg lalu saya dan daffa habis mudik k Riau yeeey, walaupun di sana gak lama, cuma dua minggu tapi lumayan lah. Hmmm gimana ya kita udah berkeluarga dan balik k rumah. Kayak ada 2 rumah gt dan dua2nya sama-sama kuat banget perasaan hangatnya d hati.
Kali ini saya mau cerita gimana rasanya travelling berdua aja sama baby dan naik pesawat. Awalnya deg degan bisa gak ini yaa, daffa bakal rewel gak ya d pesawat karena gak ada yg bantuin hehehe tapi alhamdulillah semuanya lancar walaupun ada cranky gt pas ngantuk.
Jadi kita berangkat dari jogja pesawat jam 10:30, ini adalah jamnya daffa bangun tdr pagi hari setelah mandi pagi jadi pas d pesawat aman, gak nangis, d kasih teether (gak tau bener gak tulisannya) mau, d ajak becanda mau, pas landing malah tidur jadi masih terkendali.
Nah pas balik k jogja pesawat jam 07:30 pagi, secara rumah gak di kota dan jauh dari bandara kurang lebih 60km jadilah berangkat subuh subuh dan daffa masih tdr langsung d bopong aja, cuma d ganti diaper dan baju. Pas d pesawat hmm lumayan agak rewel, dimimikin gak mau, maunya d gendong sambil berdiri, teether gak mempan pas landing nangis karena ngantuk soalnya biasanya habis mandi pagi dy tdr lagi, dan itu jam dy tidur tapi semua nya masih aman terkendali.
Naah dari pengalaman itu saya mau bagi tips buat bu ibu semua yang punya rencana untuk travelling berdua aja dengan baby nya, sebelumnya saat travelling ini daffa masih umur 4bln jadi belum mpasi. Berikut ini tips nya semoga bermanfaat hehe
1. Pilihlah waktu penerbangan yg bukan jam tdr bayi, ini dari pengalaman saya karena d pesawat suasananya kurang nyaman jadi bayi lebih sulit untuk tdr dgn tenang dan kemudian berujung dengan tangisan. Tapi saya gak tau ini berlaku untuk semua bayi atau tdk, mgkn beberapa ibu ibu memilih jam terbang sesuai dengan jam tdr bayi dengan harapan d pesawat bayi akan tertidur, itu juga boleh cuma tergantung ke bayinya masing-masing. Daffa adalah tipe bayi yg baru nangis kalo udah ngantuk berat dan gak bisa tdr. Jadi saya akan memilih jam terbang bukan saat jam tidur bayi.
2. Pilihlah tempat duduk d depan dan yg mendekati lorong. Kenapa yg paling depan? Karena tempat kakinya luas, jadi bu ibuk kakinya gak capek kalo mangkuin anak lama lama d pesawat. Kenapa yang d dekat lorong karena di bagian itu yg paling banyak mengandung oksigen (kata petugas check in pas d bandara)  dan menurut saya bagian deket lorong itu bagian yg paling tinggi atapnya jadi kalo pas mau d gendong kepala kita gak nunduk nunduk gt, jadi gak capek. Satu lagi pengalaman kemarin, pas pulang menuju jogja saya coba duduk yg paling ujung deket jendela dengan harapan daffa bisa liat luar jadi gak bosen, ternyata itu tdk menarik perhatiannya sama sekali, malah nangis saya liatkan ke jendela, hehe. Jadi mending pilih di depan dan di bagian dekat lorong
3. Bawa apa saja yang jadi kesukaan anak. Daffa lagi suka gigit gigit jadi saya bawakan teether, daffa suka nonton upin ipin jadi d hp udah d siapkan video upin ipin supaya dy gak bosan. Mungkin ibu ibu bisa bawa cermin kecil gt, karena anak anak suka melihat diri mereka sendiri dicermin sama bawa mainan yg ada suaranya misal telpon telponan
4. Bawa perlak kecil buat ganti diaper d pesawat. Meskipun daffa kemarin gak ganti diaper d pesawat tapi ini salah satu yg penting menurut saya, soalnya kalo ganti d pesawat ada meja pengganti diaper d atas closet nya itu tapi biar bersih jadi harus kita alasi biar bayi kita tetep bersih.
5. Jangan lupa bawa diaper, minyak telon, tisu basah, selimut, baju ganti minimal dua, dll. Kenapa baju ganti minimal 2 soalnya anak bayi kadang suka muntah dan bisa jadi bajunya kotor karena pupnya tembus (kejadian waktu daffa ke Ponorogo)
6. Pakai gendongan yg aman dan nyaman. Saya kemarin pakai gendongan sanle3in1 alhamdulillah gak bikin pegel
7. Jangan terlalu panik dan harus tetap tenang. Karena kalo kita panik anak kita bakalan ikut panik dan nanti dy jadi nangis. Kalau semisal nanti dy nangis it's oke gak usah khawatir dengan orang-orang sekitar karena mereka pasti memaklumi.
8. Jangan sungkan untuk minta tolong ke orang lain tapi saya sarankan untuk minta tolong ke orang orang yg bertugas d bandara atau d pesawat seperti pramugari.
9. Kalau mau bawa makanan pastikan makanannya habis dimakan dalam sekali waktu jadi gak bungkus bungkus lagi. Misal bawa roti,  bawa roti yg kira-kira kalo kita makan dalam sekali waktu lgsg habis, jadi kita gak perlu bungkus bungkus lagi.
10. Sebelum hari keberangkatan coba bilang ke anak kalo kita mau pergi sama dy pergi berdua aja naik pesawat. Jangan rewel ya d pesawat, coba kasih liat video atau buku mengenai pesawat biar dy tau. Walaupun masih bayi gak pp dengan harapan dy jadi tau aja dulu dan gak begitu kaget hehe

Hmm kayaknya itu dulu tips dari saya, semoga bermanfaat ya buat bu ibu yang mau travelling dengan anaknya berdua aja hehhe. Satu hal yg saya rasakan berbeda setelah saya melakukan perjalanan berdua saja dengan daffa adalah saya dan daffa semakin dekat. Nnngggg kayak lebih bisa berbicara lewat hati, lebih kuat gt ikatan batinnya mungkin karena cuma berdua aja jadi sama sama saling percaya.

You May Also Like

0 comments